Translate

4 Manfaat Bermain Video Game

Video game itu sebenarnya bermanfaat atau tidak?
Video game menjadi perhatian para peneliti karena dianggap membawa pengaruh negatif bagi kehidupan seseorang. Bahkan para ahli ingin mengklasifikasikan kecanduan video game sebagai salah satu gangguan mental, karena kecanduan video game bisa membuat seseorang kehilangan banyak hal seperti pekerjaan, sekolah, dan hubungan dengan orang lain. Beberapa kasus juga, seperti halnya kasus kematian karena kebanyakan bermain video game menjadi penguat bagi para peneliti bahwa kecanduan video game merupakan salah satu gangguan mental dan hal yang berbahaya bagi seseorang.


Tapi benarkah bahwa video game hanya membawa sesuatu yang negatif? Dalam artikel video game play may provide learning, health, social benefits, review finds, Isabela Granic. PhD. dari Radbound University Nijmegen di Belanda mengatakan bahwa “penelitian mengenai pengaruh buruk dari bermain video game, termasuk kecanduan, depresi, dan agresi sangat banyak, dan kita tidak boleh mengabaikan penelitian-penelitian tersebut. Tetapi, jika kita ingin mengerti pengaruh video game terhadap perkembangan anak dan remaja (karena seusia mereka lah yang banyak bermain video game), perspektif yang lebih seimbang dibutuhkan.

Intinya adalah agar lebih adil, jika banyak penelitian mengenai pengaruh buruk kita harus melihat juga apakah ada pengaruh positif dari hal tersebut. Apakah ada hal positif yang bisa diambil dari bermain video game? Kita harus membiasakan diri untuk melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Para ahli setuju bahwa terlalu banyak bermain game adalah sesuatu yang buruk bagi diri kita dan kita terlihat seperti pemalas. Tetapi video game juga bisa menguatkan kemampuan kognisi kita seperti kemampuan spasial (kemampuan mendapatkan, mengorganisasi, menggunakan dan merevisi pengetahuan yang ada), kemampuan berpikir logis, kemampuan daya ingat dan persepsi.

Sebagai contoh, dengan bermain game shooter seseorang bisa menjadi agresif tetapi game shooter juga menambah kemampuan orang tersebut dalam berpikir objek secara tiga dimensi, dan meningkatkan kemampuan akademiknya dalam bidang yang sama. Romeo Vitelli Ph.D dalam artikelnya yang berjudul Are There Benefits in Playing Video Games? Mengatakan bahwa ada beberapa manfaat dari bermain video game, yaitu :

1. Perkembangan kognitif, Penelitian menunjukan bahwa game aksi bisa membuat seseorang mengembangkan kemampuan rotasi mental menjadi lebih cepat, yaitu kemampuan untuk memutar objek dalam ingatan, selain itu bermain video game juga bisa membuat seseorang memiliki kemampuan untuk memusatkan perhatian dengan lebih cepat, dan membuat seseorang dapat meningkatkan kemampuan untuk memproses data visual yang lebih tinggi.

Selain itu, video game juga bisa membuat seseorang meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan lebih baik, karena mereka terbiasa dalam menyelesaikan puzzles. Video game juga terbukti bisa menambah kreatifitas seseorang. Walaupun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk melihat seberapa besar hal ini bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi penelitian-penelitian awal mengenai video game menunjukan bahwa video game berpotensi untuk memberikan hasil yang positif bagi perkembangan kognitif dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan motivasi, penelitian-penelitian sebelumnya mengatakan bahwa melalui sisitem motivasi dalam otak video game bisa membuat seseorang kecanduan. Tetapi, para ahli juga mengatakan bahwa video game adalah hal yang bagus untuk meningkatkan motivasi seseorang, mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah dan nilai dari berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Jika seseorang bermain video game dengan wajar dan tidak berlebihan, mereka akan bisa belajar untuk meningkatkan motivasi mereka melalui video game.

3. Meningkatkan emosi, seperti halnya menggambar untuk meningkatkan mood, bermain game juga bisa dilakukan untuk hal tersebut. Bagi kebanyakan gamer, video game dimainkan untuk bersenang-senang, untuk mengalihkan diri mereka dari masalah yang sedang mereka hadapi. Berhasil menyelesaikan suatu game bisa memberikan perasaan positif pada seseorang. Hal ini juga bisa mengurangi perasaan cemas pada seseorang dan menjadi lebih relax. Banyak gamer yang mengatakan bahwa mereka merasakan perasaan puas dan kebanggaan ketika mereka berhasil menyelesaikan suatu game. Mereka juga mengatakan bahwa perasan positif yang mereka dapatkan ketika berhasil menyelesaikan suatu game merupakan sesuatu yang berharga bagi mereka.

Baca juga :

4. Meningkatkan kemampuan social, bermain video game untuk menghindari bersosialisasi dengan orang lain adalah sesuatu yang buruk. Game sebenarnya di desain untuk membuat kita bisa bersosialsisasi dengan orang lain, karena game lebih menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama. Game-game online jika dimainkan secara tepat tidak akan membuat kita kecanduan, malah jika digunakan dengan tepat game online bisa membuat seseorang mendapatkan banyak teman, membuat kita bisa mengembangkan kemampuan kita dalam bersosialisasi dengan orang lain, yang kemudian bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun banyak game yang mengandung kekerasan, game-game juga memberikan kesempatan kepada kita untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama, kemampuan bersosialisasi, dan lain sebagainya.

Media pada saat ini banyak menunjukan bahwa video game adalah sesuatu yang berdampak negative, tetapi sebenarnya video game juga memiliki potensi yang besar bagi kehidupan seseorang. Penelitian-penelitian yang berkaitan dengan dampak positif dan negatif dari game dibutuhkan untuk melihat “wajah game” yang sebenarnya, apakah lebih banyak memberikan manfaat atau keburukan bagi kita.

Ketika kita hanya berfokus pada dampak negative dari game, kita bisa lihat juga bahwa banyak aplikasi berbentuk video game yang digunakan sebagai sarana pendidikan, bahkan ada game yang dibuat secara khusus untuk terapi penderita kanker, Re-Mission. Tetapi ketika kita meremehkan video game, hal ini juga bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bagi kita, bisa membuat kita “kecanduan” dan kehilangan banyak. Kita harus bisa lebih seimbang dalam bermain game, bisa mengambil manfaat sekaligus berhati-hati terhadap dampak negative dari hal tersebut.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman ataupun orang-orang yang anda sayangi karena mungkin mereka membutuhkan :D

1 comment:

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar

"Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA,pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini"