Translate

Menuju Komunikasi Efektif 2 - Berbicara


Berkomunikasi adalah hal yang penting untuk membangun hubungan dengan orang lain. Baik hubungan itu bersifat intim, pertemanan biasa, kekeluargaan, hubungan profesional, dan jenis-jenis hubungan yang lainnya. Untuk membangun suatu hubungan yang baik diperlukan suatu cara berkomunikasi yang efektif. Dimana orang yang berbicara dan orang yang diajak bicara sama-sama mengerti maksud dari pembicaraan mereka. Mereka bisa memahami satu sama lain, sehingga dari pemahaman inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi suatu hubungan yang baik.

Salah satu kunci dari berkumonikasi dengan efektif adalah mendengarkan, tidak hanya "mendengar" saja, tapi betul-betul mendengarkan, menyimak apa yang lawan bicara katakan kepada kita. Karena dengan kita mendengarkan orang lain kita akan tahu maksud dan arah pembicaraan mereka, sehingga kita bisa memberikan respon yang sesuai dengan hal tersebut.

Baca juga :
Menuju Komunikasi Efektif 1 - Mendengarkan

Kunci kedua dari komunikasi selain mendengarkan adalah cara berbicara. Selain mendengarkan cara berbicara juga merupakan suatu hal yang penting dalam berkomunikasi. Untuk menuju komunikasi yang efektif tentu kita juga harus tau bagaimana cara kita menyampaikan pesan dengan efektif kepada orang lain, sehingga orang tersebut akan tahu mengenai maksud dan tujuan kita. Lalu, bagaimanakah caranya? apakah cukup dengan cara menyampaikan dan berbicara apa saja yang kita inginkan? atau seperti apa yang sebaiknya dilakukan?

Kita terkadang menganggap bahwa kata-kata bisa secara langsung menyampaikan apa yang kita maksud kepada orang lain. Tapi, disinilah letak kesalahan yang sering terjadi, setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai sesuatu, dan bagaimana cara menangkap pesan pun sangat dipengaruhi oleh kondisi orang yang bersangkutan pada saat itu. Bahkan sering sekali terjadi pada kita, bahwa kita bingung dengan apa yang lawan bicara katakan. Kita tidak mengerti maksud dan arah pembicaraan mereka, padahal mereka menganggap bahwa mereka sudah berbicara dengan jelas.

Baca juga :
Belajar Psikologi Untuk Bisa Bertoleransi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita berbicara dan berusaha menyampaikan apa yang kita maksud pada lawan bicara kita, diantaranya adalah :

Berbicara dengan jelas dan efektif, Ali Bin Abi Thalib pernah berkata bahwa "seorang yang bijak berpikir dulu lalu berbicara, sementara orang bodoh berbicara dulu lalu berpikir (mengenai apa yang dibicarakannya)".

Dalam berkomunikasi kita harus bisa menyampaikan pesan dan maksud kita dengan cara yang efektif. Pikirkan dulu apa yang akan kita bicarakan sebelum kita mulai berbicara, karena jika kita berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu maka hal tersebut akan banyak dampak buruk yang terjadi pada kita. Kita bisa saja dianggap sebagai orang yang membuang waktu mereka, karena membuat lawan bicara kita harus mendengarkan pada pembicaraan kita yang tidak ada artinya. Sebisa mungkin jangan gunakan kata-kata yang bisa membuat orang menafsirkan hal tersebut dengan berbeda.

Perhatikan bahasa tubuh kita, berpikir dengan jelas dan kreatif sebelum berbicara, lalu dukung pembicaraan kita dengan bahasa tubuh yang menyenangkan dan membuat orang nyaman. Bayangkan ada orang yang menyebut diri anda hebat, tapi dengan ekspresi kecewa, tentu anda akan merasa tidak nyaman dan merasa bahwa hal tersebut membuat anda tersinggung. Sampaikan pesan kita dengan jelas, jika kita senang tunjukan hal tersebut dengan ekspresi senang dan kata-kata yang baik, jika kita marah tunjukan juga hal tersebut. Sehingga orang bisa mengerti apa sebenarnya yang ingin kita sampaikan.

Sekali lagi jangan biarkan orang lain menangkap makna yang berbeda dari pembicaraan anda, jangan sampaikan bahwa anda "tidak marah" dengan ekspresi marah, karena hal itu hanya akan membuat lawan bicara anda kebingungan dan mungkin bisa membuat masalah menjadi lebih rumit dari sebelumnya.

Baca juga :
Pentingnya Bahasa Tubuh Dalam Berkomunikasi

Gunakan pengulangan dan penekanan pada kata-kata kunci, seseorang cenderung sering mengingat hal yang pertama dan yang terakhir saja. Sehingga jika anda merasa bahwa perkataan anda adalah sesuatu yang penting, ulangi hal tersebut. Katakan hal tersebut diawal dan ulangi lagi perkataan tersebut sebelum anda menutup pembicaraan anda. Penggunaan pengulangan ini bisa membuat orang lain mengingat apa yang anda katakan dan bisa membantu mereka untuk mengerti maksud dan tujuan pembicaraan anda.

Cek pemahaman lawan bicara anda, bukan sesuatu yang salah untuk menanyakan kepada lawan bicara anda bahwa mereka sudah mengerti atau belum terkait apa yang anda bicarakan. Hal tersebut bisa membantu anda untuk menyamakan persepsi anda terhadap masalah yang sedang dibicarakan, dan bisa membuat anda tahu apakah mereka sudah mengerti pesan anda atau belum.

Berbicara adalah hal yang sering kita lakukan. Tapi, mungkin tanpa kita sadari bahwa dalam berbicara juga ada seni yang harus diperhatikan agar pembicaraan kita efektif dan kita bisa dengan mudah menyampaikan maksud kita. Semoga artikel ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi efektif terutama dalam berbicara. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar

"Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA,pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini"